...SELAMAT DATANG DI GUNJHIE`LAND... Saran Dan Kritik Membangun Kami Tunggu ___ e-mail : gunjhie_land@yahoo.com ___ Phone number on +6285255869400

Sabtu, 19 Maret 2011

Cara Mudah Membuat Blog

Cara membuat blog ini akan saya paparkan tahap demi tahap mulai dari awal sampai akhir dan disisipi pula dengan gambar panduan agar sobat yang baru belajar nge-blog (..berarti sama dengan saya; masih blajar..xixixi..) bisa dengan mudah mengikutinya. Buat para master, mohon izin posting, ya….
Saya juga yakin, sobat akan mampu membuat blog tanpa perlu kursus dulu atau mesti beli buku, kecuali sobat mau memperdalam lagi ilmu tentang ‘blogging’ ini. Cukup baca postingan ini dan relax sambil ngopi atau ngemil kripik, karena sangat mudahnya. Okey, kita mulai saja langkah demi langkah cara membuat blog-nya…
Langkah 1: Daftarkan di Google
Lho, ko’ di Google? Katanya mau bahas bikin blog di blogger.com, ko’ malah ke Google? Tidak salah, karena untuk masuk ke blogger, sobat harus memiliki account dulu di google, makanya mesti mampir dulu ke login google.com.
Setelah punya account di google, silahkan kunjungi http://www.blogger.com., sobat akan mendapatkan halaman seperti pada gambar dibawah ini.
Oia, sobat bisa memilih penggunaan bahasanya; apakah mau pake bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Kalo’ bahasa jawa atau sunda belum tersedia, tuh…., apalagi bahasa alien..xixixi…
Lanjutkan !
Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.
Sejauh ini sangat mudah dan akan terus mudah, lho…

Langkah 2 : Daftar Blog
Setelah sobat klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA itu, maka akan muncul formulir seperti yang ada pada gambar dibawah ini.
Silahkan lengkapi form pengisiannya.
1. Alamat email yang sobat masukan harus sudah ada sebelumnya. Sobat akan dikirim konfirmasi ke email tersebut.
2. Lengkapi data yang lainnya.
3. Beri centang pada kotak isian "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa sobat setuju.
Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN.


Langkah 3 : Membuat Blog
Jika sudah berhasil, sobat akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah ini.
Gimana kalo’ gagal? Nyantai, sob.. gagal itu biasanya karena verifikasi kata yang sobat ketik terdapat kesalahan. Itu wajar karena seringkali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi terus sampai benar. Saya sendiri sampai mengulang 3x, hee…

Nah, sekarang sobat mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blognya.
Sebagai contoh, saya menamakan blog tersebut dengan nama ‘Dunia Maya.’ Awas, jangan salah ketik jadi Luna Maya, yah…xixixi…udah, jangan dibahas yang ini mah… Nanti jadinya alamat bloghttp://dunia-maya.blogspot.com,
atau sebagai alternatif, bisa juga http://duniamaya.blogspot.com.

Sobat bisa mengecek ketersidaan alamat blog yang sobat pilih. Jika tersedia bisa sobat lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka sobat harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, misalnya ditambahkan angka 101, atau bisa juga dengan menyisipkan nama sobat sendiri.
Selanjutnya…..klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.
sobat kira-kira seperti ini


Langkah 4 : Blog Template
Berhasil? Tentu saja berhasil, memang mudah ko’. Jika berhasil, sobat akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah.
Pilihlah tema yang sesuai dengan selera sobat. Jika tidak ada yang sesui dengan selera, jangan khawatir, nanti masih banyak pilihan tema yang bisa sobat install sendiri. Sekarang pilih saja dulu tema yang tersedia agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Sobat juga bisa preview tema dengan cara meng-klik gambarnya.
Untuk memilih tema alternatif lainnya, sobat bisa tandai saja bulatan dibawahnya seperti pada gambar yang ditandai lingkaran itu.
Okey…Setelah itu teruskan lagi… ‘pijit’ deh tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN.

Selamat !!!
Sekarang sobat sudah memiliki sebuah blog dan sudah bisa memulai posting informasi apa saja untuk berbagi ke seluruh teman-teman sobat di jagat maya ini.
Memang masih ada beberapa hal yang harus sobat lakukan, yaitu pengaturan, tata letak, penambahan elemen, dan penggantian tema jika sobat menginginkan tema yang lain. Ini untuk tingkat lanjut, dan untuk mendalami masalah blog lebih jauh lagi, silahkan sobat mencari tutorial-tutorial tambahan yang sobat maksud lewat mbah google atau tetap setia mengikuti postingan di http://gunjhieland2.blogspot.com/. blog kesayangan kita semua ini (..heee..). InsyaAllah akan saya lanjutkan nantinya.
Setidaknya, sobat sudah memiliki blog dan bisa posting artikel atau pemikiran-pemikiran yang akan sobat sampaikan melalui blog sobat sendiri. Melalui kesempatan ini, mudah-mudahan sudah cukup untuk tahap awal.
OK, sobat. Terimakasih sudah menyimak, dan semoga bermanfaat…
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Follow by Email

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Dunia Kecilku

Gunjhie` Universe Slideshow: Gunjhie’s trip to Makassar, Sulawesi, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Makassar slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

http://www.youtube.com/gunjhie

Loading...

GUNJHIE`LAND

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...