...SELAMAT DATANG DI GUNJHIE`LAND... Saran Dan Kritik Membangun Kami Tunggu ___ e-mail : gunjhie_land@yahoo.com ___ Phone number on +6285255869400

Senin, 18 April 2011

Memaki Tuhan Saat Susah Bahayakan Mental

Begitu misteriusnya cara kerja Tuhan dalam kehidupan manusia membuat Dia acapkali menjadi sasaran kemarahan manusia. Coba saja tengok ekspresi sebagian individu saat mendapati dirinya didiagnosa penyakit serius atau mendapati sosok yang dikasihinya meninggal.

Studi yang dipublikasikan Jurnal Kepribadian dan Psikologi Sosial membenarkan hal itu. Dalam studi disebutkan dua dari tiga individu "memaki-maki" Tuhannya ketika mereka menghadapi sesuatu yang buruk dalam hidupnya. Hal yang sama juga berlaku pada individu yang taat beragama.

"Individu beragama mungkin tidak secara frontal menyalahkan Tuhan akan tetapi mereka punya ekspresi tersendiri seperti "Ah Tuhan lagi memberikan cobaan pada ku untuk membuatku lebih kuat dan sabar," papar Julie Exline, Psikolog asal Case Western Reserve University, Cleveland seperti dikutip dari Healthday, Senin (3/1).

Temuan lain juga menyebutkan individu yang memeluk agama Protestan secara personal mengungkapkan kemarahan mereka kepada Tuhan. Hal yang sama juga dilakukan individu yang tidak percaya atau mempertanyakan eksistensi Tuhan. Bedanya, emosi mereka jauh lebih besar ketimbang individu yang percaya terhadap tuhan.

Hal yang menarik, kemarahan terhadap Tuhan banyak dilakukan kaum muda dan kulit putih. Exline menjelaskan kemarahan individu terhadap Tuhan disebabkan adanya hubungan sosial mereka. Sebagai contoh, individu berasumsi Tuhan bertanggung jawab atas hal buruk yang menimpa mereka. "Mereka benci tapi cinta," katanya. "Kehadiran perasaan positif tidak mengesampingkan kemungkinan kemarahan dan sebaliknya."

Meski boleh dibilang tidak lumrah, kemarahan terhadap Tuhan merupakan bentuk ekpresi kejiwaan atas masalah yang penyelesaiannya memang tak terjangkau oleh manusia. Exline menjelaskan ketidakmampuan manusia yang diluapkan dalam makian terhadap Tuhan itu dapat berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik.

Pendapat itu juga diamini oleh psikolog Simon Rego, Direktur Program Terapi Perilaku Kognitif dari, Montefiore Medical Center, New York City. "Kemarahan pada Tuhan hanya menjadi lingkaran setan bagi sebagian orang," komentarnya. Menurut Rego, seseorang mungkin berpikir Tuhan telah berpaling. Karena itu, dalam diri individu segera mengalami tekanan psikologis yang pada akhirnya memicu kemarahan.

Rego mengatakan gejala itu tidak sehat. "Setiap emosi memiliki alasan. Jika kemarahan mulai mengganggu kehidupan normal, mungkin sudah saatnya anda mendapatkan bantuan," ujarnya. "Jika anda marah pada Tuhan dan anda berhenti berdoa, anda membiarkan kemarahan menghentikan sesuatu yang sangat bernilai."

Sangat penting, ujarnya untuk belajar untuk keluar dari situasi sulit. Ia mengatakan terapi perilaku kognitif dapat membantu orang membingkai pemikiran mereka dengan cara yang lebih produktif.

Sementara Exline mengatakan bahwa sangat penting untuk melihat seorang psikolog yang membahas masalah kenyamanan spiritual. Namun, dia mengatakan, sering kali pemuka agama atau pembimbing rohani mungkin lebih nyaman mendiskusikan hal-hal iman.

Prestasi Seks Diberbagai negara


Berbicara soal prestasi tentang kemampuan olahraga, sains, angkatan perang dan lain-lain dari suatu negara mungkin sudah sering didengar dan dibandingkan, namun mungkin jarang sekali didengar tentang prestasi dari berbagai negara mengenai prestasi pria dan wanita-nya dalam bidang sex. Sex memang tiada ada habisnya.

Artikel ini memberi gambaran tentang pria dan wanita negara mana yang paling berprestasi dalam berganti-ganti pasangan ato wanita negara mana yang sangat memperhatikan ukuran “si buyung“ yang menjadi tolak ukur kepuasan sex-nya ato wanita negara mana yang paling aktif dalam soal sex ato suka berhubungan dalam keadaan gelap ato ada juga wanita dari negara mana yang paling senang menggunakan sex toys dan lain-lain.

Austria
Pria Austria tercatat paling suka berganti-ganti pasangan. Rata-rata mencapai 29,3 pasangan seksual atau dua kali lipat dari angka rata-rata dunia yang hanya 13,2 pasangan. (Durex Sexual Wellbeing Global Survey,2007)

New Zealand
Rekor wanita yang tercatat paling sering berganti pasangan dipegang oleh wanita New Zealand, yakni 20,4 pasangan seksual. Jauh lebih tinggi dari angka rata-rata dunia yang hanya 7,3 pasangan seksual.
(Durex Sexual Wellbeing Global Survey,2007)

India
Sebanyak 99% suami di India merasa dicurigai istrinya. Ini klop dengan 69% istri di India yang mencurigai suaminya berselingkuh
(The Great India Sex Survey, 2008)

Korea Selatan
Hanya 9% pria Korea Selatan mengakui peningkatan kepuasan seksual setelah disunat dan 20% lainnya mengakui prestasi seks justru melorot.
(Survey D.Kim dan M.G Pang dari Gyungki-Do, Korea, 2007)

Cerita lain, tercatat 35% mahasiswa dari 249 mahasiswa Korea Selatan mengatakan bersedia bercinta dengan orang yang dicintainya. Namun 13% dari mereka mengaku hanya akan berhubungan seksual dengan wanita yang akan dinikahi. (Survey Biro Jodoh Bien-Aller, 2006)

Israel
Wanita Israel sangat aktif dalam seksual, namun mereka lebih suka bercinta dalam keadaan gelap. Sebanyak 80% wanita percaya ukuran si buyung mempengaruhi prestasi seksual. Hanya 57% wanita mengaku pernah mengalami orgasme. Sekitar 23% diantaranya mengaku menggunakan vibrator sebagai alat bantu. (Hasil survey Dr.Maryanet Shenhar)

Jepang
Sebanyak 34% pasangan di Jepang mengaku sudah tidak bercinta selama sebulan lebih. Persentase ini meningkat 2% dari 32% yang tercatat pada survey tahun 2004. (Survey The Japan Family Planning Association, 2008)

China
Sejumlah 96% generasi baru muda di RRC mengaku berhubungan seks dengan pasangan tetapnya (bukan one night stand), dan 20% diantaranya mengaku berhubungan seks dibawah umur 20 tahun
(Survey oleh Chinese Academy of Social Sciences, 2008)

Taiwan
Sebanyak 47% wanita Taiwan gemar menggunakan vibrator. Wanita AS dan Inggris menyusul dibelakangnya dengan 43%.

Hamil Karena Menelan Sperma

Mungkinkah sperma yang tertelan wanita menyebabkan proses pembuahan dan menghasilkan anak? Menurut teori memang tidak mungkin. Tapi di Inggris, ada seorang gadis berumur 15 tahun yang hamil karena menelan sperma kekasihnya. Bagaimana mungkin?

Berikut petikan kisah hamilnya gadis 15 tahun tersebut akibat menelan sperma, seperti dikutip dari Lemondrop.

Gadis yang diketahui bernama Bauer Griffin itu adalah seorang gadis 15 tahun yang bekerja di salah satu bar di Inggris. Kejadian bermula ketika si gadis sedang melakukan seks oral bersama kekasihnya. Saat itu pula, tiba-tiba mantan kekasihnya datang dan memergoki Griffin.
Sang mantan tidak terima dan sangat marah melihat kejadian tersebut di depan matanya. Ia langsung mengambil pisau dan perkelahian pun terjadi antara Griffin, kekasihnya dan mantannya. Akibat perkelahian tersebut, Griffin terluka pada bagian lengan dan perutnya.

Griffin kemudian dilarikan ke rumah sakit karena luka di perutnya yang lumayan parah. Dokter langsung melakukan operasi untuk menutup perut Griffin yang terobek. Namun sebelum menutup lubang di bagian perutnya, dokter menemukan banyak cairan di perut Griffin yang ternyata merupakan air liur.

Kondisi Griffin berangsur-angsur membaik setelah dioperasi, ia pun bisa pulang 10 hari kemudian. Namun 278 hari atau sekitar lebih dari 9 bulan kemudian, Griffin datang lagi ke rumah sakit karena sakit di perutnya. Berbeda dengan kedatangannya sebelumnya, kali ini Griffin datang dengan perutnya yang membesar.

Sebelumnya dokter mengira Griffin sedang hamil tapi Griffin membantahnya karena merasa tidak pernah melakukan seks melalui vagina. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter terkejut karena ternyata dalam rahim Griffin terdengar suara detak jantung dan sudah ada sebuah bayi di dalamnya.

Masih dalam keadaan terheran-heran, dokter segera melakukan persiapan kelahiran untuk mengeluarkan bayi tersebut dari dalam perut Griffin. Namun ketika akan melahirkan, dokter semakin terkejut karena Griffin tidak punya vagina. Operasi cesar pun dilakukan dan akhirnya keluarlah bayi laki-laki seberat 2,8 kg.

Untuk menjawab teka-teki munculnya bayi dalam rahim Griffin, dokter pun melakukan interogasi dengan ditemani seorang suster. Dari hasil interogasi, Griffin mengaku bahwa ia pernah menelan sperma kekasihnya pada saat melakukan seks oral. Ia selalu melakukan seks oral karena sadar tidak punya vagina.

Griffin memang sedikit khawatir pada saat perutnya membesar setelah operasi 9 bulan yang lalu. Namun ia tidak pernah menghiraukan dan mengira itu hanya efek samping dari operasi sebelumnya, lagipula menurut Griffin ukuran perutnya tidak terlalu besar saat itu.

Tapi bagaimana Griffin bisa hamil sedangkan tidak pernah berhubungan seks melalui vagina?

Dokter pun memberikan penjelasan berdasarkan acuan dari British Journal of Obstetrics and Gynecology. Kemungkinannya adalah, sperma masuk melalui saluran pencernaan. Meski menurut teori sperma tidak dapat bertahan dalam suasana lambung yang sangat asam, namun yang terjadi pada Griffin tidak demikian.

Sperma yang ditelan Griffin bisa melalui lambung dan masuk ke bagian reproduksinya tanpa mengalami kerusakan karena terlindung oleh air liur yang berfungsi sebagai buffer atau bahan penetral ketika bertemu asam lambung. Air liur dapat menetralkan suasan asam karena memiliki pH yang tinggi (basa).

Griffin memang diketahui memiliki tubuh sangat kurus, menurut dokter faktor itulah yang memicu produksi air liurnya berlebih. Kasus masuknya sperma melalaui saluran pencernaan memang sangat jarang, tapi kini gadis 15 tahun itu terpaksa harus menjadi seorang ibu.

Ciri Ciri Orang Yang Mencintai Kita Dengan Tulus

1. Orang yang mencintai kamu tidak pernah bisa memberikan alasan kenapa ia mencintai kamu, yang ia tahu dimatanya hanya ada kamu satu²nya.

2. Orang yang mencintai kamu selalu menerima kamu apa adanya,dimatanya kamu selalu yang tercantik/tertampan walaupun mungkin kamu merasa berat badan kamu sudah berlebihan atau kamu merasa kegemukan .


3. Orang yang mencintai kamu selau ingin tau tentang apa saja yang kamu lalui sepanjang hari ini, ia ingin tau kegiatan kamu.gimana menurut kamu
berita dari i-dus?

4. Orang yang mencintai kamu akan mengirimkan sms seperti "slmt pagi""slmt hr mggu" "slmt tidur", walaupun kamu tidak membalas pesannya


5. Kalau kamu berulang tahun dan kamu tidak mengundangnya setidaknya ia akan telpon
untuk Mengucapkan Selamat Atau Mengirim sms.

6. Orang yang mencintai kamu akan selalu mengingat setiap kejadian yang ia lalui bersama kamu, bahkan mungkin kejadian yang kamu sendiri sudah lupa setiap detailnya, karena saat itu adalah sesuatu yang berharga untuknya.

7. Orang yang mencintai kamu selalu mengingat tiap kata2 yang kamu ucapkan bahkan mungkin kata2 yang kamu sendiri lupa pernah mengatakannya.


8. Orang yang mencintai kamu akan belajar menyukai lagu-lagu kesukaanmu, bahkan mungkin meminjam CD/kaset kamu,karena ia ingin tau kesukaanmu, kesukaanmu kesukaannya juga.


9. Kalau terakhir kali ketemu, kamu sedang sakit flu, terkilir, atau sakit
gigi, beberapa hari kemudian ia akan mengirim sms atau menelponmu dan menanyakan keadaanmu.. karena ia mengkhawatirkanmu.gimana menurut kamu berita dari i-dus?

10. Kalau kamu bilang akan menghadapi ujian ia akan menanyakan kapan ujian itu dan saat harinya tiba ia akan mengirimkan sms "good luck" atau menelponmu untuk menyemangati kamu.


11. Orang yang mencintai kamu akan memberikan suatu barang miliknya yang mungkin buat kamu itu ialah sesuatu yang biasa, tapi itu ialah suatu barang yang istimewa buat dia.


12. Orang yang mencintai kamu akan terdiam sesaat,saat sedang berbicara ditelpon dengan kamu, sehingga kamu menjadi binggung saat itu dia merasa sangat gugup karena kamu telah mengguncang dunianya.

13. Orang yang mencintai kamu selalu ingin berada didekatmu dan ingin menghabiskan hari2nya denganmu.


14. Jika suatu saat kamu harus pindah ke
kota lain untuk waktu yang lain ia akan memberikan nasehat supaya kamu waspada dengan lingkungan yang bisa membawa pengaruh buruk bagimu.

15. Orang yang mencintai kamu bertindak lebih seperti saudara daripada seperti seorang kekasih.


16. Orang yang mencintai kamu sering melakukan hal2 yang konyol
spt menelponmu 100x dalam sehari, atau membangunkanmu ditengah malam karena ia mengirim sms atau menelponmu. karena saat itu ia sedang memikirkan kamu.

17. Orang yang mencintai kamu kadang merindukanmu dan melakukan hal2 yang membuat kamu jengkel atau gila, saat kamu bilang tindakannya membuatmu terganggu ia akan minta maaf dan tak kan melakukannya lagi.


18. Jika kamu memintanya untuk mengajarimu sesuatu maka ia akan mengajarimu dengan sabar walaupun kamu mungkin orang yang terbodoh di dunia!


19. Kalau kamu melihat handphone-nya maka namamu akan menghiasi sbgn
besar "INBOX"nya. Ya ia masih menyimpan pesan dari kamu walaupun pesan itu sudah kamu kirim sejak berbulan2 bahkan bertahun2 yang lalu.

20. Dan jika kamu menghindarinya atau memberi reaksi penolakan, ia akan menyadarinya dan menghilang dari kehidupanmu walaupun hal itu membunuh hatinya. Karena yang ia inginkan hanyalah kebahagiaanmu.
21. Jika suatu saat kamu merindukannya dan ingin memberinya kesempatan ia akan ada disana menunggumu karena ia tak pernah mencari orang lain. Ya…………ia selalu menunggumu.

Terraforming Mars Ke Bumi

Ketika bumi semakin tidak bersahabat bagi kelangsungan hidup umat manusia, maka kita harus melakukan eksodus, mencari tempat lain yang lebih layak untuk ditinggali. Mungkin ini yang akan di lakukan oleh manusia bumi di masa depan. Namun, kemanakah tujuan kita?

Langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tempat tinggal baru bagi manusia selain di bumi ialah dengan cara mencari planet yang dapat dihuni itu sendiri. Masalahnya, perkara mencari planet yang dapat dihuni di luar sana tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Planet Mars dan Europa (bulan Jupiter) merupakan obyek di tata surya kita yang diklaim bersahabat bagi kehidupan manusia karena diyakini memiliki sumber kehidupan, yaitu air.

Tetapi kehidupan kompleks manusia tidak hanya bergantung sepenuhnya pada air, bukan? Bentuk topografi, atmosfer, temperatur dan komposisi udara merupakan beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Untuk dapat menopang kehidupan, suatu planet harus memiliki berbagai kemiripan dengan bumi. Dan di tata surya kita, selain bumi belum ada yang benar-benar dapat kita tinggali.

Mencari planet di luar tata surya (exoplanet) merupakan usaha yang ditempuh oleh para astronom. Mencari planet layak huni di luar tata surya tentunya lebih menyulitkan lagi. Ada beberapa cara untuk mencari planet yang beredar pada bintang induknya di sistem tata surya lain. Teknik pencarian exoplanet seperti Spektroskopi Doppler, Astrometri, maupun fotometri adalah beberapa metode yang digunakan. Bahkan badan ruang angkasa Amerika, NASA, baru-baru ini telah meluncurkan wahana Kepler untuk membantu mencari jejak-jejak exoplanet di luar sana.

Sejauh ini, dari jajaran exoplanet yang berhasil ditemukan, hanya Gliese 581 d lah planet yang benar-benar menjanjikan. Gliese 581 d atau yang kerap dijuluki sebagai Super Earth merupakan exoplanet sejauh 20 tahun cahaya di rasi bintang Libra. Ia memiliki massa tujuh kali dari bumi dan mengorbit di zona layak huni pada suatu bintang katai merah yang massanya hanya sepertiga Matahari.

Mencari planet layak huni bukanlah satu-satunya jalan untuk mendapat tempat tinggal baru bagi anak cucu kita di masa depan. Salah satu gagasan yang terdengar cukup hebat ialah dengan membuat planet yang dapat dihuni. Ya, kita membuat sendiri planet seperti bumi yang layak ditinggali!

Bagaimana caranya? yaitu dengan Terraforming.
Terraform (berarti “membentuk Bumi”) adalah proses bersifat hipotesis yang mengubah atmosfir, temperatur, topografi permukaan atau ekologi menjadi mirip dengan Bumi sehingga dapat dihuni oleh manusia. Dengan melakukan terraform pada suatu planet yang dituju, maka akan merubah kondisi planet tersebut sehingga dapat menopang kehidupan manusia. Mars, planet tetangga kita ialah salah satu kandidat terbaik untuk melakukan ini semua.

Konsepsi artis mengenai proses terraform Mars dalam 4 tahap pembangunan.

Mars adalah planet di tata surya kita yang cukup bersahabat bagi kehidupan. Hasil penelitian yang dilakukan menemukan bukti bahwa pada masa mudanya Mars bersuhu hangat dan memiliki air yang melimpah. Kemungkinan CO2 yang digunakan untuk menghangatkan planet tersebut di masa silam masih tersimpan di sana. Begitu pula dengan air, mungkin masih tersimpan di tanah beku maupun tudung kutubnya.

Atmosfer Mars dapat diciptakan dengan melepas CO2 yang membeku di tanah dan tudung es kutub. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memuntahkan gas rumah kaca yang kuat. Mungkin bagunan-bangunan khusus akan dibangun untuk memuntahkan gas rumah kaca tersebut. Sementara cermin-cermin raksasa yang disebar di sana akan memfokuskan sinar matahari ke es agar air mencair.

Ketika CO2 terlepas, kehangatan Mars akan meningkat dan mendorong tekanan ke atmosfer sehingga air pun mengalir. Kemudian dengan menebarkan benih-benih tumbuhan perintis seperti alga dan lumut kerak, serta menebar mikroba dapat menciptakan tanah organik dan menambah sedikit oksigen ke atmosfer. Dengan demikian rencana penghijauan dengan menanam bibit untuk menciptakan hutan beriklim maupun hutan boreal dapat segera dilakukan.

Ketika tumbuh-tumbuhan mulai menghiasi Mars, kebutuhan energi untuk pemukiman segera dibangun. Tenaga nuklir mungkin sebagai pilihannya. Karena sedikitnya oksigen, penduduk Mars mungkin akan tetap beraktifitas dengan alat bantu pernafasan nantinya.

Mungkin seperti inilah gambaran manusia Mars di masa depan.



Namun itu semua bukanlah pekerjaan instan, perlu waktu beratus-ratus tahun untuk menyulap kondisi Mars menjadi seperti Bumi dan tentu saja, biaya yang besar. Walaupun terraforming ini masih sekedar gagasan yang bersifat hipotesis, nampaknya cukup ditunggu untuk benar-benar direalisasikan ya!

April MOP... Apaan tuuhhh...

"April Mop adalah hari saat kita dapat bersenang-senang,"

April Mop! Kata-kata ini mungkin tidak asing di telinga Anda. Apalagi ketika teman dengan sengaja membuat lelucon tentang Anda dan mereka pun menertawai Anda. Hal ini bagai budaya yang sudah mengakar dan dilakukan setiap 1 April.

Namun, tidak ada yang tahu mengenai awal mula terciptanya budaya ini. Para sejarawan telah meneliti hingga berabad-abad lamanya. Asal-asul April mop masih merupakan misteri dengan banyak teori berebut untuk diakui masyarakat.

Salah satunya adalah kejadian tahun 1582. Saat itu Paus Gregorius XIII memerintahkan penggantian kalender Julian. Tradisi populer menceritakan bahwa beberapa orang Eropa tidak mengetahui perubahan tersebut dan terus merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April dari kalender Julian sebelumnya.

Seorang profesor sejarah di Universitas Boston, Joseph Boskin, memberikan penjelasan lain. Dia mengatakan bahwa April Mop dimulai pada masa pemerintahan Constantine.

Constantine yang humoris memperbolehkan badut istana bernama Kugel untuk menjadi raja selama satu hari. Selanjutnya, badut tersebut mendeklarasikan tanggal 1 April sebagai 'day of absurdity' atau hari yang tidak masuk akal yang kemudian menjadi acara tahunan.

The Associated Press (AP) menerbitkan cerita ini. Butuh berapa minggu untuk menyadari bahwa cerita tersebut adalah palsu, bagian dari April Mop. Boskin mengarang cerita tersebut.

Sedangkan yang lain memercayai bahwa April mop adalah praktek kuno. Meskipun tidak dirayakan pada hari yang sama, kebudayaan kuno telah mengamati hari ketika orang-orang dapat membuat lelucon bersama.

Polandia, Skotlandia, dan Denmark adalah negara-negara yang merayakan hari penuh lelucon mereka sendiri. Semua hal serius dilarang pada hari tersebut.

Prancis menjuluki 1 April dengan sebutan 'Poisson d'Avril' atau ' April Fish' ketika anak-anak Prancis menempelkan gambar ikan pada punggung temannya. Hal ini pun langsung disambut dengan meneriakan kata 'Poisson d'Avril'.

Lelucon-lelucon berupa peringatan palsu menjadi berita yang membingungkan sepanjang hari. Selama bertahun-tahun, melalui trik sederhana sebuah lelucon berkembang menjadi 'hoax' yang tersebar kemanapun melalui berbagai macam media.

Satu lelucon yang terkenal yang disebut "pohon spaghetti" dirilis oleh BBC dalam program televisi pada tahun 1957. Sejumlah besar orang terkecoh bahwa Swiss memanen spaghetti dari pohon dan banyak yang menghubungi BBC karena keingintahuan cara mereka membuat pohon spaghetti mereka sendiri. Tipuan ini pun diabadikan dalam sebuah film di 'St Albans'.

Namun berbeda dari negara lain, di Filipina, hari lelucon jatuh pada tanggal 28 Desember dan lebih dikenal dengan sebutan NiƱos Inocentes (Hari Keluguan). Hari ini juga dirayakan di Belgia dan negara Latin lainnya.

Beberapa orang menyatakan penyebaran budaya April Mop dikarenakan kecanggihan teknologi karena teknologi memudahkan orang menyebarkan lelucon.

Walaupun terkadang membuat resah sebagian orang, penulis Angelina Rasale menganggap, budaya ini harus dipertahankan. "April mop adalah hari saat kita dapat bersenang-senang," ujarnya.

Di Amerika Serikat dan negara barat lainnya, lelucon April Mop akan berlangsung sepanjang hari. Namun di beberapa negara April mop hanya berlaku hingga tengah hari. Yang memainkan lelucon lewat tengah hari akan disebut 'April Mop'

Menurut permainan anak-anak, siapa pun yang tidak berhasil memainkan lelucon pada temannya akan menjadi bahan olokan karena semua sudah menyadari lelucon April Mop-nya.

Melakukan budaya ini boleh-boleh saja, asalkan Anda tidak membuat resah banyak orang. Jadi, tunggu apa lagi siapkan lelucon Anda untuk mempererat hubungan pertemanan Anda.

Follow by Email

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Dunia Kecilku

Gunjhie` Universe Slideshow: Gunjhie’s trip to Makassar, Sulawesi, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Makassar slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

http://www.youtube.com/gunjhie

Loading...

GUNJHIE`LAND

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...