...SELAMAT DATANG DI GUNJHIE`LAND... Saran Dan Kritik Membangun Kami Tunggu ___ e-mail : gunjhie_land@yahoo.com ___ Phone number on +6285255869400

Sabtu, 12 November 2011

Bahasa Makassar







(Gambar : Aksara Lontarak - Hurufuk Lontarak)

Ada yang tahu atau punya kamus bahasa Makassar? Saya termasuk orang yang tertarik akan bahasa Makassar (karena saya orang bugis, lohh??), namun sejauh ini belum pernah menemukan (memang tidak pernah serius mencari) kamus bahasa Makassar.

Bahasa Makasar atau Mangkasara' adalah bahasa yang dituturkan oleh suku Makassar, penduduk Sulawesi Selatan, Indonesia. Bahasa ini mempunyai abjadnya sendiri, yang disebut Lontara, namun sekarang banyak juga ditulis dengan menggunakan huruf Latin. Huruf Lontara berasal dari huruf Brahmi kuno dari India. Seperti banyak turunan dari huruf ini, masing-masing konsonan mengandung huruf hidup "a" yang tidak ditandai. Huruf-huruf hidup lainnya diberikan tanda baca di atas, di bawah, atau di sebelah kiri atau kanan dari setiap konsonan. (Wikipedia)

Menurut budayawan Prof Mattulada (alm) bentuk aksara lontara berasal dari "sulapa eppa wala suji". Wala suji berasal dari kata wala yang artinya pemisah/pagar/penjaga dan suji yang berarti putri. Wala Suji adalah sejenis pagar bambu dalam acara ritual yang berbentuk belah ketupat.

Sebenarnya saya ingin posting mengenai sebuah lirik lagu Makassar, namun saya urungkan dulu karena tidak saya ketahui artinya. Berniat mencari artinya, saya googleing saja, namun kecewa dengan banyaknya situs kosong yang "mengatasnamakan" kamus bahasa Makassar di hasil googleing halaman pertama, ternyata situs tersebut hanya ingin populer namun tanpa usaha bahkan menipu. Untuk itu, sebagai warisan buat anak cucu kelak, saya posting tentang Kamus Bahasa Makassar ini. Semoga bisa saya update dimasa-masa mendatang.

Hampir seluruh kata saya copas dari hasil googleing dan blogwalking. Yang merasa dirugikan atas "aksi" saya, mohon maaf dan bisa protes dengan memberikan komentar yang baik di tempat yang tersedia dimanapun di blog ini. Yang ingin bertanya arti bahasa Makassar ke Indonesia atau sebaliknya, komentar saja disini atau kirim email langsung ke hit4mpek4t[at]gmail.com. Terima kasih bagi anda yang ingin menambahkan kosakata bahasa Makassar yang belum ada di blog ini.

Berikut beberapa kata yang sempat saya daftar, maaf masih sangat sangat sangat teramat sungguh sedikit.

Anjo = itu
Anne = ini
Balla' = rumah
Bari'basa = pagi
Bembe' = kambing
Bulu' = bulu/rambut
Bambang = hangatpanas
Battu = datang, tiba
Botto' = berbau
Bungung = sumur
Cidong = duduk
Cini' = lihat
Cipuru' = lapar
Doe'= uang
Iyo'= iya
Jappa = jalan
Jarang = kuda
Karaeng = raja
Kareba = kabar
Lompo= besar
Menteng = berdiri
Mingka = tetapi
Motere = pulang
Nakku' = rindu
Ngandre = makan
Sallo = lama (untuk waktu)
Tabe' = Permisi
Tamparang = laut
Tena = tidak Ada
Tinro = tidur
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Dunia Kecilku

Gunjhie` Universe Slideshow: Gunjhie’s trip to Makassar, Sulawesi, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Makassar slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

GUNJHIE`LAND

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...