...SELAMAT DATANG DI GUNJHIE`LAND... Saran Dan Kritik Membangun Kami Tunggu ___ e-mail : gunjhie_land@yahoo.com ___ Phone number on +6285255869400

Rabu, 30 Maret 2011

10 Karakter Pria Dalam Dunia Game Yang Paling Karismatik

Sulit untuk menilai kualitas karakter pria di dalam sebuah video game. Stereotype bahwa dunia game adalah dunia lelaki membuat karakter pria yang ada lebih dieksploitasi secara fisik untuk menghasilkan kesan tangguh dan maskulin, tanpa menonjolkan kompleksitas sifatnya sendiri. Akibatnya, beberapa karakter pria hanya tampil begitu saja sebagai karakter utama tanpa menghasilkan impact apapun dalam pengalaman bermain.

Kemampuan untuk menghasilkan pengalaman seperti itu justru terkadang hadir dari karakter NPC yang berperan sebagai side-kick atau terkadang dari sang musuh utama sendiri. Mereka tampil menjadi karakter yang mampu memancarkan karisma begitu kuatnya, sehingga setiap kali mereka hadir di dalam scene, Anda merasakan ada sesuatu yang berbeda di dalam permainan. Entah karena kemampuan mereka yang terlewat hebat, cara mereka berbicara, event-event yang mengikuti setiap langkah mereka, atau karena kehadiran mereka itu sendiri. Mereka adalah yang menurut saya secara pribadi, dikategorikan sebagai karakter game yang karismatik.

Cukup sulit sebenarnya untuk memisahkan karakter-karakter pria dalam game yang ada dan kemudian mengkategorikannya ke dalam sebuah sub kategori yang indikatornya sangat subjektif. Salah satunya adalah karismatik ini. Kita tidak sedang membicarakan kata “Cool” seperti yang mungkin Anda rasakan ketika bertemu karakter seperti Dante dari Devil May Cry atau Cloud dari Final Fantasy VII. Karakter karismatik benar-benar membuat aura bermain menjadi jauh berbeda dan menarik. Siapa saja karakter tersebut?

10. Judge Gabranth (Final Fantasy XII)



Judge Gabranth atau Noah fon Rosenburg merupakan salah satu karakter villain di Final Fantasy XII. Saudara kembar dari Basch, salah satu karakter protagonist di seri FF ini, memang memiliki watak yang jahat pada awal permainan. Dia tidak akan segan untuk membunuh dan menghancurkan apapun atas nama kerajaan yang dibelanya. Namun ketika plot cerita ini terus berkembang, Gabranth menemukan pencerahan pada masa akhir hidupnya dan berdamai dengan Basch yang selama ini dimusuhinya.

Gabranth memang merupakan sosok karakter yang memancarkan aura karisma yang kuat. Tidak perlu berbicara banyak untuk menunjukkan maksud, kuat, dan selalu hadir dengan efek kamera atau gerakan yang menunjukkan kekuatannya. Desain armor Judge di tubuh Gabranth juga semakin memperjelas semua itu.

9. Emperor Scolar Visari (Killzone 2)


Scolar Visari merupakan musuh utama di dua seri awal Killzone. Pemimpin besar bangsa Helghast ini memang terkenal dengan otaknya yang pintar, kemampuan taktis perang, dan orasi yang selalu membuat pasukan berapi-api untuk membunuh ISA. Visari mengorganisir penyerangan secara masif dan pendudukan terhadap Vekta di Killzone yang pertama. Tanpa belas kasihan dan selalu fokus pada tujuan utama yang ingin dicapainya, tidak ada cara yang tabu bagi Visari. Ia bahkan rela meledakkan nuklir di negaranya sendiri untuk memukul mundur serangan balasan dari ISA.

Visari mungkin menjadi musuh utama di Killzone, namun kehadirannya tidak dapat dipungkiri membawa atmosfer “dingin” ke dalam permainan. Anda dapat merasakan bahwa karakter ini memang dibangun dengan hanya satu tujuan, membunuh Anda. Kemampuan taktis, orasi, dan mengorganisasi memunculkan sifat karismatik Visari.

8. Frog (Chrono Trigger)


Jika kita membicarakan karakter yang paling unik di Chrono Trigger, maka kita pasti akan langsung tertuju pada sosok Frog. Ksatria dengan bentuk seperti kodok ini memang memiliki pesona karisma yang luar biasa. Frog sebenarnya lahir dengan sosok manusia, namun harus menghadapi kutukan dari Magus yang membunuh temannya, Cyrus. Sejak itu Frog bersumpah untuk membalas dendam.

Karisma Frog tampil semakin kuat dengan hadirnya theme song serta kemampuan berbicara nya yang tampak halus dan elegan. Apalagi skill pedangnya yang mumpuni itu. Dia adalah salah satu karakter dunia RPG paling memorable yang pernah ada.

7. Prophet (Cyrsis)


Prophet adalah lambang pengorbanan untuk dunia. Di luar sepak terjangnya yang luar biasa mempertahankan bumi melawan serbuan para alien, ditambah dengan keberanian dan dedikasi yang tak tergantikan, Prophet mengedepankan dunia dibandingkan dengan nyawanya sendiri. Di awal Cyrsis II, ia rela membunuh dirinya sendiri dan mewariskan Nano-suitnya yang melegenda itu kepada orang lain. Semua hal tersebut ia lakukan karena ia sudah terinfeksi sebuah virus yang masih misterius. Apapun itu, pilihannya untuk mengakhiri hidup demi menyelamatkan dunia membuat Prophet menjadi karakter yang berkarisma.

6. Thrall (Warcraft III)


Kompleksitas cerita di dalam Warcraft III memang berhasil mengolah dan menghasilkan latar belakang setiap karakter yang unik. Salah satu yang paling mengena di memori adalah cerita si Thrall. Muncul sebagai budak manusia, Thrall berhasil mengalahkan semua rintangan dan menguasai kemampuan menjadi Shaman. Panggilan untuk takdir yang lebih besar menghampirinya, Thrall bersama teman seperjuangannya, Grom Hellscream, menyeberang ke Azeroth untuk menghadapi Burning Legion. Pengorbanan yang ia tunjukkan memperlihatkan karisma yang sesungguhnya.

5. Hero (Suikoden 2)


Memulai permainan sebagai seorang prajurit rendahan, Hero, tokoh utama di Suikoden 2, harus menjalani takdir besarnya yang tak terelakkan, yaitu membangun pasukan, membawa kedamaian, dan menjadi seorang raja yang dipuja oleh rakyatnya. Suikoden 2 memang mampu menghadirkan kesemuanya itu dalam plot yang dibangun dramatis. Pengkhianatan dan perperangan menjadi tantangan utama yang harus dihadapi oleh Hero. Ketika Anda memainkan game ini, berhasil merekrut 108 karakter di dalamnya, serta membuat kastil hingga ukuran maksimal, lalu memperkuat setiap dari mereka dan membawa mereka menuju kemenangan di dalam perperangan membuat Anda merasa berkharisma. Sosok hero yang tenang dan penuh perhitungan, tetapi sekaligus pantang menyerah membuat karisma karakter ini semakin kuat.

4. Illusive Man (Mass Effect 2)


Tidak ada kejelasan tentang siapa sesungguhnya sosok Illusive Man. Karakter yang duduk membelakangi kamera dengan latar belakang dua buah bintang yang luar biasa besar ini memang dingin namun sekaligus rasional. Mampu memainkan perannya dengan baik, Illusive Man memegang peranan yang penting untuk menjaga eksistensi manusia dalam jagat raya yang semakin tidak aman. Bahkan karakter utama kita, Shepard, tidak jarang harus tunduk padanya.

3. Viktor Reznov (Call of Duty : World At War)


Tidak ada yang lebih menenangkan sebuah prajurit selain memiliki atasan yang reliable di medan perang. Viktor Reznov merupakan salah satu contoh konkritnya. Ketika Anda memainkan Call of Duty World At War, Anda tahu bahwa setiap hal yang diucapkan dan dilakukan oleh Reznov adalah untuk kepentingan yang jauh lebih besar dan hal tersebut berarti kemenangan untuk pihak Rusia. Pemikiran strategis dan kemampuan taktis, dikombinasikan dengan keberanian yang ia miliki, Reznov berhasil membawa Rusia dalam tampuk kemenangan yang manis di perang Eropa. Saya jatuh cinta dengan karakter ini.

2. Master Chief (HALO series)


Master Chief mungkin tidak banyak mengucapkan perintah atau sumpah serapah, namun kehadirannya saja sudah cukup membuat eksistensi manusia terjaga dari kiamat yang tampak mustahil dihindari. Menjadi orang yang paling diandalkan oleh UNSC, Master Chief tidak pernah tampil mengecewakan. Ia selalu terlibat dalam misi-misi penting dan berhasil menjalankannya dengan tingkat kesuksesan luar biasa. Ia adalah harapan manusia satu-satunya. Ketika ia harus mati untuk manusia, Master Chief tak pernah ragu sama sekali.

1. Big Boss (Metal Gear Series)



Saya tidak ragu untuk mengatakan Big Boss sebagai karakter game paling karismatik yang pernah ada. Semua kisah Metal Gear hampir selalu berpusat pada dirinya. Big Boss atau yang sering juga disebut Naked Snake merupakan “senjata” perang paling efektif yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat. Dari dirinya lah kemudian lahir tiga karakter utama dalam Metal Gear: Solid Snake, Liquid Snake, dan Solidus Snake. Big Boss juga merupakan pencetus dari The Patriots yang diceritakan sebagai sekelompok manusia yang berada di balik layar semua keputusan penting pemerintahan dunia.

Big Boss memiliki perawakan yang dingin, terhebat dalam CQC (Close Quarter Combat), dan memiliki pasukan khusus dengan kemampuan yang luar biasa. Dari begitu banyak pihak yang berusaha mencari dan membunuhnya, Big Boss berhasil memperlihatkan kemampuan memimpin yang mumpuni. Tidak jarang jika benci atau tidak, semua pihak mengakui ia adalah yang terbaik.

Semua pilihan karakter di atas merupakan hasil penilaian saya secara subjektif. Kesulitan yang sebenarnya untuk menentukan karakter-karakter di atas adalah pada konsistensi menjadikan karismatik sebagai kata kunci utama. Saya tidak ingin jatuh pada definisi ganda, “Cool” atau bahkan “Threatening”. Jadi, jangan ragu untuk berbagi di sini, karakter-karakter karismatik pria yang menurut Anda seharusnya ada di dalam list. Silahkan!
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Follow by Email

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Dunia Kecilku

Gunjhie` Universe Slideshow: Gunjhie’s trip to Makassar, Sulawesi, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Makassar slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

http://www.youtube.com/gunjhie

Loading...

GUNJHIE`LAND

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...